Saturday, March 28, 2009

'Penerjemah Al Qur'an dalam Bahasa Inggris 1' Abdullah Yusuf Ali

Hafiz Abdullah Yusuf Ali (14 April 1872 - 10 December 1953) adalah seorang ulama Asia Selatan yang berhasil menerjemahkan Al-Qur'an dari bahasa Arab ke bahasa Inggris bersama Marmaduke Pickthall.
Abdullah Yusuf lahir di Bombay, India dalam sebuah keluarga kaya raya. Ayahnya bernama Dawoodi Bohra. Sejak kecil beliau mendapat pendidikan agama dan sering kali menghafal ayat-ayat Al-Qur'an. Beliau mampu berbicara dalam bahasa Inggris dan Arab dengan lancar. Beliau mempelajari sastra Inggris di beberapa universitas di Eropa salah satunya di Universitas Leeds. Beliau memusatkan studinya pada perkembangan Al-Qur'an sejak zaman awal perkembangan Islam. Karya beliau yang sangat terkenal adalah The Holy Qur'an: Text, Translation and Commentary, mulai ditulis pada tahun 1934 dan diterbitkan pada tahun 1938 oleh Sh. Muhammad Ashraf Publishers Lahore di India (sekarang Pakistan). Ketika sedang melakukan tour pengenalan buku terjemahannya tersebut beliau terdorong untuk mendirikan masjid 'Al-Rashid Mosque' yang merupakan masjid pertama di Amerika Utara yang berlokasi di Edmonto, Alberta, Kanada pada tahun 1938.
Ali adalah seorang pendukung keputusan mengenai andilnya militer India pada Perang Dunia I. Muhammad Iqbal mengangkat beliau menjadi kepala Islamia College di Lahore, India.
Beliau wafat pada 10 December 1953 dan dimakamkan di pemakaman Islam di Brookwood, Surrey, dekat kota Working, Inggris tidak jauh dari makam Muhammad Marmaduke Pickthall.
Dalam versi baru dari terjemahan beliau kata 'God' (Tuhan) diganti dengan kata 'Allah' dan memberikan modifikasi yang kontroversial pada beberapa pernytaan beliau yang tercantum pada catatan kaki.

Sumber Wikipedia

No comments:

Post a Comment